KEBERATAN ATAS PERMINTAAN INFORMASI |
A.
|
Syarat dan Prosedur Pengajuan
|
|
1.
|
Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut: |
|
a.
|
Adanya penolakan atas permohonan informasi. |
b.
|
Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala. |
c.
|
Tidak ditanggapinya permohonan informasi. |
d.
|
Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta. |
e.
|
Tidak dipenuhinya permohonan informasi. |
f.
|
Pengenaan biaya yang tidak wajar dan/atau |
g.
|
Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini. |
2.
|
Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya. |
|
B.
|
Registrasi |
|
1. |
Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan. |
2. |
Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan. |
3. |
Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan. |
|
C.
|
Tanggapan Atas Keberatan |
|
1. |
Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan. |
2. |
Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat: |
|
a. |
Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan. |
b. |
Nomor surat tanggapan atas keberatan. |
c. |
Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut: |
|
Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas. |
Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja. |
Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja. |
Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi |
Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung. |
3. |
Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID. |
|
|