Assalamu 'alaikum Wr. Wb
Dengan rahmat Allah SWT dan sebagai bentuk keterbukaan informasi Pengadilan Agama Klaten telah resmi meluncurkan website dengan alamat : www.pa-klaten.go.id untuk memenuhi surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Nomor : 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang keterbukaan informasi di Pengadilan di lingkungan Mahkamah Agung RI .Semoga bermanfaat dan berguna bagi semua pengguna dan pengakses tentang keterbukaan informasi website kami
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb

BERITA 1

Print

Akhirnya, Selesai Juga Penyandang Candidat Doktor itu.......

Written by admin pa klaten. Posted in Berita

doctor1

Bandung (29/7). Sehari setelah lulus ujian sebagai Doktor Bidang Hukum Islam, Agus Yunih atau terlahir Agus Yunih Saefulmillah ini terima telepon dari saudaranya di kampung halaman tempat tempat dimana ia tinggal (Sukaraja, Majalengka). Selain ucapan selamat atas keberhasilan menyandang gelar Doktor, Sang Saudara juga menyampaikan sesuatu yang membingungkan Promovendus. "Dia bilang alhamdulillah, sekarang kalau demam-demam saya kumat tidak perlu datang ke orang lain, sudah ada saudara yang ngobatin”. Wah!!!, rupanya salah urusan. Buru- buru saya bilang,  “Saya bukan dokter yang dia maksud tapi Doktor ha ha ha," cerita Agus Yunih.

Sang Promovendus Agus Yunih, kini menyandang gelar “Doktor Ilmu Hukum Islam” dari Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri “Sunan Gunung Djati” Bandung. Gelar pendidikan tinggi itu dia peroleh setelah mempertahankan disertasinya berjudul "Ijtihad dan Kebebasan Hakim : Sebuah Kajian Pengembangan Hukum Islam Melalui Putusan Pengadilan Agama”, Sabtu (29/7/2017) am 10.30 pagi di Ruang Sidang Utama Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan lama perkuliahan/penelitian menyamai rekor “nujul al Qur’an” yaitu 22 smester 2 bulan dan 22 hari, demikian disampaikan Agus Yunih sambil tersenyum simpul kepada redaktur

Sidang promosi dokter yang diketuai langsung oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Yang Amat Sangat Terpelajar  Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., dengan Sekretaris, Yast. Direktur Pasca Sarjana Yast. Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, M.Pd., Yast. Prof. Dr. H. Rachmat Syafe'i, MA. (Ketua Promotor), Yast. Prof. Dr. H. Nurol Aen, M.A. (Anggota Promotor), Yat. Dr. Deden Effendi, M.Ag. (Anggota Promotor), Yast. Prof. Dr. H. Juhaya S. Praja, M.A. (Oponen Ahli), Yast. Prof. Dr. H. Tajul Arifin, M.A. (Oponen Ahli), Yat. Dr. H. Atang Abdul Hakim, M.A. (oponen Ahli), Yat. Dr. H. Ija Suntana, M.Ag. (oponen Ahli) dan  Yast. Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, M.Pd.( selaku Guru Besar) berlangsung selama + 2 jam. Kemudian sidang, memutuskan Sdr. Agus Yunih Saefulmillah lulus dengan IPK, 3,62 (tiga koma enam dua) atau dengan peredikat sangat memuaskan.

Selanjutnya "Terhitung hari ini “Saudara Agus Yunih Saefulmillah” berhak menyandang gelar Doktor," kata Yast. Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. seraya menutup sidang siang itu, sekaligus menyerahkan Surat Keterangan Nomor 1246/Un.05/PPs./PP.00.9 /07/2017 tertanggal 29 Juli 2017 yang ditanda tangani Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, M.Pd., selaku Direktur. Saudara Agus Yunih merupakan Doktor Hukum Islam ke-71 dan Doktor ke-175 jebolan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dan selamat atas keberhasilan dimaksud, yang diringi tepuk tangan meriah pengunjung dan tepuk tangan haru isteri dan anak-anaknya. #akhirnya, selesai juga penyandang kandidat doktor itu, selamat Bro.... demikian telepon yang terdengar dari kawan lamanya M. Syukri, Hakim PA Semarang dan kawan lainnya saling menyusul.

Kepada tim redaktur, disela-sela pekerjaannya sebagai Wakil Ketua yang sebentar lagi akan mengisi Pos Ketua Pengadilan Agama Klaten, Agus Yunih menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (Prof. Dr. Hatta Ali), Bapak Dirjen Badilag (Dr. H. Abdul Manaf), dan Bapak Direktur Binganis (Dr. H. Fauzan), Bapak KPTA Semarang (H. Mansyur Nasir), KPTA Medan (H. Taufiq Hz.) dan KPTA Makasar (H. Anwar Rahman) serta Ketua PA Klaten dan khususnya kepada ayahanda Dr. H. Ahmad Kamil atas dorongan dan motivasinya, sejak S2 bahkan dengan alasan untuk kuliah s3 saya dimutasi ke Jakarta oleh Beliau. Kalaulah bukan karenanya, “Saya belum tentu dapat menyelesaikan Program S3 (Doktor) ini”. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Dr. Edi Riyadi (Hakim Agung), Dr. H. Yasardin, Hj. Lelita Dewi, Hj. Athiroh Muchtar, Hj. Tamah, Dr. Rusydi Taher, Dr. Andi Akram atas waktunya untuk wawancara dan seluruh civitas akademika, teman dan sahabat serta isteri dan anak-anak tercinta;

Promovendus memiliki riwayat pendidikan yang menarik, bermula di Sekolah Dasar Negeri Cimalaka III (1974) dan Madrasah Tsanawiyah (swasta) Cibeureum (1978) yang sebelumnya sempat mesantren di “Pesantren Tanjakan Sari” Cilenyi dan di Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Bandung (P3SB) di Cililin Bandung, kemudian Madrasah Aliyah Negeri Sumedang yang semula PGAN (1982). Selanjutnya meneruskan studi ke Fakultas Syari’ah Jurusan Pidana Perdata di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Meraih gelar Sarjana Muda Tahun 1985. Melanjutkan Doktoral di Perguruan Tinggi yang sama dan tahun 1987 mendapat Gelar Sarjana Lengkap dengan judul skripsi “Perzinaan dan Pelacuran, studi analis filsafat hukum Islam. S2 diselesaikan di Universitas Islam Negeri “Imam Bonjol Padang” dengan Konsentrasi Hukum Islam dan S3 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (almamater asal). Semua perkuliahan dilakukan secara reguler.

"Bekerja tulus dan sepenuh hati itu penting. Bekerja mencari nafkah itu wajib. Hasilnya berserah diri saja sama Allah SWT. Insya Allah semua yang dipinta bakal diijabah," ungkapan yang sekaligus sebagai moto hidup Agus Yunih yang menurutnya dititiskan dari ayahanda K.H. Moh. Faqih, pimpinan pondok Pesantren “Pagelaran IV” di Sumedang, yang juga memiliki hubungan keluarga dengan beberapa pondok pesantren di Tasikmalaya, dari leluhurnya K.H. Zaenal Mustofa, pahlawan Singaparna.

doctor2

Sang Promovendus yang merupakan suami dari seorang isteri yang bernama Neng Wardah Said Bashabeh yang merupakan wanita keturunan arab ini (menikah 1988). Dinyatakan sebagai "sosok luar biasa" demikian dan tentu saja itu “kata isteri dan anaknya”. Smoga semuanya menjadi keberkahan dan kemanfaatan bagi peradilan.

Tim Web PA Klaten

Leave your comments

0
terms and condition.
  • No comments found

Download from BIGTheme.net free full premium templates