Assalamu 'alaikum Wr. Wb
Dengan rahmat Allah SWT dan sebagai bentuk keterbukaan informasi Pengadilan Agama Klaten telah resmi meluncurkan website dengan alamat : www.pa-klaten.go.id untuk memenuhi surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Nomor : 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang keterbukaan informasi di Pengadilan di lingkungan Mahkamah Agung RI .Semoga bermanfaat dan berguna bagi semua pengguna dan pengakses tentang keterbukaan informasi website kami
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb

BERITA 1

Print

DILUAR DUGAAN SENGKETA WARIS BERHASIL DISEPAKATI MELALUI PROSES MEDIASI

Written by admin pa klaten. Posted in Berita

mediasi170517

Agus Yunih, Hakim Pengadilan Agama Klaten tengah berbincang dengan tim redaksi website Pengadilan Agama Klaten di ruang IT. Ia berseloroh “saya hari ini (Rabu 17/5/2017) hanya dengan waktu satu jam, telah berhasil merumuskan kesepakatan damai dalam perkara No. 225/Pdt.G/2017/PA.KLT.”. Ini merupakan catatan penting dan prestasi yang luar biasa dalam perjalanan Saya sebagai mediator”.

Bagaimana tidak? Perkara tersebut sangat jelimet, bahkan menurut Suwardi SH (pengacara para Penggugat) dan Sembodo, SH (pengacara para Tergugat).  “semula kami para pengacara dari para Penggugat dan para Tergugat “ tidak percaya” kalau perkara tersebut dapat selesaikan dengan cara damai”, bahkan dipredisi akan melalui proses yang panjang dan lama”, tapi atas izin Allah, semua bisa terjadi, demikian disampaikanAgus Yunih, kepada tim redaksi website Pengadilan Agama Klaten dengan nada datar.

Menurut Agus Yunih, kunci keberhasilan mediator itu terletak pada kepiawaan membawa para pihak ke dalam masalah. kemudian melihat, dan memahami masalah secara jernih dan holistik. Kesungguhan, kesepenuhhatian mediator membantu mendamaikan pihak-pihak serta tumbuhnya kepercayaan para pihak kepada mediator menjadi kunci keberhasilan dalam menyelesaikan setiap masalah. Menurut Drs. Agus Yunih, S.H., M.H.I. yang juga Wakil Ketua pada Pengadilan Agama Klaten, menyatakan “jangan harap bisa berhasil kalau tatacara kita bersikap dengan para tidak dipercaya, apalagi kalau kita memiliki interes atau kepentingan baik itu materil atau penghargaan” dengan perkara tersebut, kita harus mampu menjaga hati dan pikiran.

Hadir dalam acara tersebut mantan Hakim Tinggi Jakarta, yang juga memberikan apresiasi atas keeberhasilan ini. Maka dengan demikian,  kalau perkara banyak yang dapat diselesaikan secara damai, maka akan berkurang beban waktu dan biaya dalam penyelesaian perkara, itu pula pesan yang hendak dicapai oleh Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediaisi di Pengadilan.

Ketika ditanya sudah berapa banyak perkara yang dapat diselesaikan melalui mediasi? Beliau menjawab, “ini bukan nyombong, sambil berkelakar, di Pengadilan Agama Jaksel saja hampir 60 perkara yang selesai dimediasi dan berhasil, sebelumnya di Pengadilan Agama Semarang sekitar 7 perkara dan di Pengadilan Agama Klaten selama kurun waktu 5 bulan, sudah berhasil mendamaikan 6 perkara rumit”;

Atas keberhasilan tersebut. Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, Ali Mufid memberikan apresiasi dengan ucapan bercanda “hebat mas Bro, itulah hebatnya efek qiyam al lail bagi mediator” yang kemudian dikomentari oleh Fakhru Razi, Waka Pengadilan Agama Tasikmalaya dengan ucapan “gak sia-sia jadi alumni Pengadilan Agama Sijujnjung”. Artinya, usaha yang kita lakukan tidak bisa lepas dari akar sejarah kehidupan kita dan menggantungkan semuanya pada Allah dengan ikhlas.

Untuk itu, beliau berpesan, dalam hal apapun “bekerjalah dengan sepenuh hati dan penuh tangung jawab”. Untuk mediasi, buat perencanaan siangkat tentang pertemuan dan kaukus; diskusikan, rumuskan dan suusun draf kesepakatan; manfaatkan situasi dan kondisi yang ada pada pihak-pihak sebagai kekuatan menemukan rumusan kesepakatan; jaga persaudaraan diantara pihak; jaga wibawa para kuasa hukum dihadapan pihak dan manfaatkan kondisi lainnya; dan jaga wibawa dan martabat hakim/mediator, lakukan dengan sepenuh hati dan tanggung jawab, insya Allah akan ada hasil dan Pasti Allah suka.

 

Tim Red

Website Pengadilan Agama Klaten 

Leave your comments

0
terms and condition.
  • No comments found

Download from BIGTheme.net free full premium templates