Assalamu 'alaikum Wr. Wb
Dengan rahmat Allah SWT dan sebagai bentuk keterbukaan informasi Pengadilan Agama Klaten telah resmi meluncurkan website dengan alamat : www.pa-klaten.go.id untuk memenuhi surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Nomor : 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang keterbukaan informasi di Pengadilan di lingkungan Mahkamah Agung RI .Semoga bermanfaat dan berguna bagi semua pengguna dan pengakses tentang keterbukaan informasi website kami
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb

BERITA 1

Print

Masa Transisi dari SIADPA ke SIPP

Written by admin pa klaten. Posted in Berita

sipp

Dilingkungan Pengadilan Agama Klaten, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) tergolong supporting tools yang baru. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, peradilan agama menggunakan Sistem Informasi Administrasi Perkara Peradilan Agama  yang lebih akrab denga sebutan SIADPA+ nya.

Seiring dengan kebijakan pimpinan MA untuk mengimplementasikan SIPP pada seluruh lingkungan peradilan di bawah MA.

Badilag meneguhkan niatnya untuk mengintegrasikan SIADPA dengan SIPP pada November 2015, PA Klaten telah melaksanakan  assessment untuk mengindentifikasi pelbagai hal, terutama yang berkaitan dengan business process pengadministrasian perkara. Hasil assessment itu kemudian dievaluasi,berikutnya, bersama Tim TI PA Klaten yang dketuai oleh Kasubag Perencanaan  TI dan Pelaporan ( Wardoyo Dwi Astoto,SE dibawah pengawasan Panitera Mokhamad Farid,S.Ag,.M.H., serta rahan dari Ketua Drs.H.M.Rosyid Ya’kub.,M.H.Tim TI yang dibentuk awal bulan yang lalu  mulai berinteraksi dengan  SIPP selama beberapa minggu ini dari Migrasi, sinkronisasi sampai sosialisasi, step by step sudah dilakukan dan pada saat ini masih dilaksnakan validasi data, meskipun longweekend Tim TI tetap semangat memvalidasi data demi keakuratan data pada SIPP, ibarat orang jawa sampai wayangan karena bekerja dari  jam 07.00 s/d jam dini hari.

 Meskipun belum sempurna sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Sek MA,Di PA Klaten talah diadakan uji coba secara menyeluruh, mulai perkara didaftarkan hingga keluar produk pengadilan. Yang terlibat mulai dari petugas meja I sampai ketua pengadilan,” Dari serangkaian proses tersebut, Panitera PA Klaten berharap, dari segi aplikasi sesungguhnya SIPP sudah siap diimplementasikan di peradilan agama Klaten.

Namun demikian, untuk menerapkan SIPP secara menyeluruh di lingkungan Pengadilan Agama Klaten yang perlu diperhatikan tidak hanya aplikasinya. Persoalan penting yang juga perlu diperhatikan di antaranya adalah kesiapan aparatur Pengadilan Agama Klaten  yang selama ini sudah terbiasa menggunakan SIADPA. Bagaimanapun juga, menu-menu yang terdapat di SIPP dan SIADPA memiliki sejumlah perbedaan.

“Meskipun SIPP sebenarnya lebih mudah digunakan, tetap perlu ada proses belajar,”

Cara menggunakan SIPP tidak sama dengan cara meggunakan SIADPA,berbeda dengan SIADPA, SIPP mengharuskan para penggunanya  untuk mengoperasikan aplikasi ini betul-betul secara berurutan. Jika sebelumnya ada satu pegawai yang tidak menginput data, dipastikan pegawai lain di bagian berikutnya tidak bisa memproses lebih lanjut.

Leave your comments

0
terms and condition.
  • No comments found

Download from BIGTheme.net free full premium templates