Assalamu 'alaikum Wr. Wb
Dengan rahmat Allah SWT dan sebagai bentuk keterbukaan informasi Pengadilan Agama Klaten telah resmi meluncurkan website dengan alamat : www.pa-klaten.go.id untuk memenuhi surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Nomor : 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang keterbukaan informasi di Pengadilan di lingkungan Mahkamah Agung RI .Semoga bermanfaat dan berguna bagi semua pengguna dan pengakses tentang keterbukaan informasi website kami
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb

BERITA 1

Print

Pengawasan dan Pembinaan Hatibinwasda PTA Semarang

Written by taufik. Posted in Berita

Pengawasan dan Pembinaan Hatibinwasda PTA Semarang
di tiga PA ( Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri ) Dengan agenda tunggal Bedah Berkas

IMG 0294

Pengadilan Tingkat Banding adalah sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI, untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Pengadilan Tingkat Pertama yang ada di wilayahnya.

Pengawasan dan Pembinaan Hatibinwasda PTA Semarang
di tiga PA ( Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri ) Dengan agenda tunggal Bedah Berkas

IMG 0294

Pengadilan Tingkat Banding adalah sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI, untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Pengadilan Tingkat Pertama yang ada di wilayahnya.

Berkaitan dengan hal tersebut sesuai dengan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang tentang jadwal pelaksanaan Pembinaan Nomor : W11-A/1103/PS.01.1/IV/2012, Pengadilan Tinggi Agama Semarang telah melaksanakan pengawasan dan pembinaan di tiga Pengadilan Agama Klaten, Wonogiri dan Sukoharjo yang bertempat di Aula rumah Makan Mayar Klaten selama satu hari, hari Jum’at tanggal 25 Mei 2012, team pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang datang ke Klaten di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang (Drs. H. Khatib Rasyid, SH.Mhum) beranggotakan DR Drs. H. Arsyad Mawardi, SH, MH Hakim Tinggi Pengawas Daerah, selaku ketua tim dan dibantu oleh Drs.Sucipto,SH. (Hakim Tinggi), Dardiri,SH ( Panitera Muda Hukum ).

Pada sambutan pembukaanya, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang berkesempatan untuk melakukan pembinaan. Acara pembinaan diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Jurusita, Jurusita Pengganti dari tiga Pengadilan Agama tersebut.

Dalam pembukaan Bapak Ketua PTA Semarang mengatakan, pada umumnya Pengadilan Agama telah melaksanakan Tupoksi sesuai dengan peraturan berlaku, tetapi masih ada kesalahan-kesalahan kecil yang ditemukan. Menurut beliau kesalahan kecil ini jangan dianggap remeh “Ombak yang kecil bisa menenggelamkan”. Dalam hukum Formal itu harus pakai petunjuk, beliau senang apabila ada perbedaan dalam hukum material, tetapi dalam hukum acara harus ada kesamaan visi dan pemahaman yang sama. Temuan dalam bedah berkas bisa dijadikan bahan rujukan, beliau juga berpesan agar berhati-hati dengan faham liberalis, karena sekarang ini Pengadilan Agama dianggap sebagai pintu utama untuk masuknya ide-ide leberalisme terutama yang berkaitan berkaitan dengan kesetaraan Gender.

Drs. H. M. Kahfi, SH Ketua Pengadilan Agama Klaten dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau sangat beterima kasih sekali atas pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Pengadilan Tinggi Agama Semarang, yang mana hasilnya nanti akan sangat bermanfaat sekali bagi Pengadilan Agama dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya kedepan, terutama dalam meningkatkan etos kerja dan SDM seluruh pegawai Pengadilan Agama.

Acara bedah berkas tersebut diikuti oleh sebagian Hakim, Panitera dan jurusita dari ketiga Pengadilan tersebut yang keseluruhanya berjumlah sekitar 60 orang peserta dengan antusias mereka mengikuti dan mencermati berkas yang dibagikan kepada mereka, dalam bedah berkas tersebut banyak sekali ilmu dan manfaat yang bisa digunakan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Tim dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang diketuai oleh DR. Drs. H. Arsyad Mawardi, SH. Mhum ini bertujuan melaksanakan agenda rutin pembinaan dan pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Semarang untuk wilayah asisten kordiner ( Askor ) III Surakarta yang merupakan bagian dari manifestasi fungsinya sebagai kawal depan Mahkamah Agung untuk lingkungan peradilan Agama di Propinsi Jawa Tengah

Dalam pengantarnya yang diawali dengan memperkenalkan seluruh teamworknya ini menyampaikan bahwa pengawasan adalah sesuatu yang mesti dan harus ada sehingga berimplikasi terhadap upaya peningkatan dan konsistensi kinerja yang baik.

Oleh karena itu, KPA Klaten ( Drs. H. M. Kahfi, SH ) mengucapkan terima kasih kepada Tim Binwas atas pembinaan dan pengawasanya. Dengan pengawasan itu semangat dan keinginan untuk bekerja dan memberikan yang terbaik-pun dengan sendirinya akan dapat ditingkatkan.

Kemudian ekspose dilanjutkan dengan pemaparan hasil pengawasan. Ketua tim dalam pengantarnya menyatakan bahwa sesuatu yang penting dalam pembinaan dan pengawasan ini tidaklah semata-mata terlaksananya tugas yang diamanatkan kepada tim tetapi juga adalah mengikat silaturrahmi yang baik dengan warga Pengadilan Agama.

Hakim Tinggi DR. Drs. H. Arsyad Mawardi, SH., Mhum, dalam eksposenya mengungkapkan rasa bangga atas kinerja yang sudah dicapai Pengadilan Agama selama ini. Pelayanan publik yang sudah dijalankan baik harus terus dijaga konsistensinya untuk kemudian ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Dengan sistem informasi yang tersedia sekarang ini, siapa pun, dari tempat yang jauh, dapat melihat tentang kondisi yang ada di satker masing-masing. Oleh karenanya tantangan agar bisa berubah dan meraih yang terbaik selalu terbuka. Lebih lanjut disampaikan bahwa prestasi dan kinerja suatu satker sangat ditentukan oleh trio pimpinan yang ada di pengadilan agama. Ketua, wakil ketua, dan panitera/sekretaris harus integrated satu sama lain. Dan inilah yang disaksikannya di Pengadilan Agama Sukoharjo, Wonogiri, dan Klaten ujar DR. Drs. H. Arsyad Mawardi, SH., Mhum.

Selanjutnya Ketua, mengakhiri pemaparannya dengan menyampaikan hasil pemeriksaan berkas perkara. Ketua Tim menyatakan, bahwa dari pemeriksaan terhadap 3 berkas perkara dari masing Pengadilan Agama tidak ada temuan yang bersifat prinsip yang berkaitan dengan hukum acara. Kekeliruan kecil yang dijumpai hanya bersifat redaksional. Hanya saja untuk pemeriksaan masalah syiqoq/pertengkaran terus-menerus antara suami istri sebagai alas an perceraian ( ps 19 huruf F ) majlis harus extra hati-hati dan semaksimal mungkin melibatkan pihak keluarga, karena pasal19 huruf F erat kaitannya dengan pasal 22 Peraturan Pemerintah no.9 tahun 1975. Namun demikian, untuk sempurnanya sebuah berkas perkara, temuan-temuan tersebutitu perlu ditindaklanjuti dengan perbaikan seperlunya.

Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo dalam kata sambutan penutupnya menyampaikan terima kasih atas pembinaan dan pengawasan yang telah diberikasn dan segera akan ditindaklanjuti dan sekaligus mohon ma’af jika terdapat kekurangan atas penyambutannya.

Kemudian diiringi applause dalam penutupannya, ketua tim mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang sangat baik dari seluruh pegawai dari tiga Pengadilan Agama dan selanjutnya, atas nama TIM Binwas beliau menyatakan mohon diri. (khusnul).

Leave your comments

0
terms and condition.
  • No comments found

Download from BIGTheme.net free full premium templates