banner pa klaten

on . Hits: 108

pengawasan

(Pembinaan dan Evaluasi terhadap Standard Mutu Pelayanan Publik dan Pengarusutamaan Gender di Pengadilan Agama Klaten Paska SAPM)

Sesuai surat elektronik Ketua PTA Semarang No. W11-A/2473/KP.04.6/X/2018 tanggal 10 Oktober 2018 tentang “Pengawasan Reguler Tahun 2018” di Pengadilan Agama Klaten dilakukan selama 2 (dua) hari berturut-turut, Kamis dan Jum’at tanggal 25 dan 26 Oktober 2018 oleh Tim Pengawas reguler terdiri dari : Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H., Hakim Tinggi (ketua tim), Hj. Siti Maria Lutfi, S.H., M.H., Panitera Pengganti (pendamping) dan Suparijanto Sigit, S.H., Kasubag Umum & Keuangan (Pendamping);

Pengawasan sebagai komponen dalam proses manajemen memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan. Proses ini dilaksanakan ketika suatu program sedang dilaksanakan sampai dengan kegiatan tersebut selesai dilaksanakan, Titik tekan dari pengawasan ini adalah pelaksanaan hasil SAPM yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Klaten, demikian disampaikan Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H. dalam pengantar open meeting yang dilangsungkan secara sederhana dan khidmat di ruang Ketua Pengadilan Agama Klaten.

Dalam pengantarnya, Jaliansyah meminta bantuan seluruh pejabat dan karyawan Pengadilan Agama Klaten dapat membantu terlaksananya kegiatan pengawasan ini, agar mendapat hasil yang maksimal yang tentunya semua itu diperuntukan bagi Pengadilan Agama Klaten yang lebih baik, sehingga Visi dan Missi Pengadilan Agama Klaten sekaligus visi dan misi Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat terwujud dengan baik. Acara open meeting dihadiri Ketua, Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I.; Kordinator Hawasbid, Dra. Hj. Ismiati, S.H., M.H.; Panitera, Drs. Aziz Nur Eva; Sekretaris, Wardoyo Dwi Astoto, S.E.; Ketua SAPM, Dalhar Asnawi, S.H.dan sekretaris SAPM, Himawan Antoni, S.H., M.H. dan Nanang Wahyudi, A.Md.

Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. ketua Pengadilan Agama Klaten di dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang dan sekaligus mempersilahkan dengan segala hormat kepada YM. Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H. beserta rombongan untuk memulai pemeriksaan dan siap membantu seluruh kebutuhan dan instrumen administrasi bak, manajemen, administrasi keperkaraan dan persidangan, administrasi kesekretaristan serta program prioritas atau program unggulan yang di laksanakan di Pengadilan Agama Klaten. Agus Yunih juga menginformasikan tentang perkembangan penangan perkara ekonomi syariah, baik melaui acara pemeriksaan biasa, sederhana dan eksekusi hak tanggung dan fidusia yang semakin ramai. Menurutnya, kegairahan masyarakat perbankan untuk berperkara di Pengadilan Agama Klaten berdasarkan testimoni, tidak terlepas karena sistem pelayanan baik administratif maupun penanganan perkara yang simple dan tidak berbelit-belit;

Tim Pemeriksa dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang melakukan pemeriksaan dimulai hari Kamis pukul 09.00 wib dan berakhir pada hari Jum’at, pemeriksaan regular diarahkan terkait dengan biaya perkara (sisa panjar), biaya eksekusi,uang konsinyasi, panggilan/pemberitahuan delegasi, barang bukti, bantuan hukum, keterbukaan informasi dan penanganan pengaduan serta temuan lain dari pengawas eksternal, serta meja informasi dan pengaduan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), biaya proses, penyerahan salinan/ petikan putusan perkara pidana, monitoring barang bukti perkara pidana, dan upaya hukum. Selain itu juga melakukan monitoring terkait dengan kedisiplinan Aparatur, kebersihan lingkungan kantor dan pelayanan public, melakukan random sampling terhadap berkas perkara dan meninjau sarana dan prasarana; .

Setelah melakukan pemeriksaan regular pada Pengadilan Agama Klaten evaluasi hasil temuan dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim PemeriksaReguler PTASemarang dipaparkan oleh  Bapak Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H., Hakim Tinggi (ketua tim) di Ruang Sidang Utama dalam acara seremoni “exit meetingdengan didengarkan oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Klaten. Dalam pemaparan tersebut, beliau mengatakan bahwa memang ada beberapa temuan dibidang administrasi tetapi secara keseluruhan administrasi dan kebersihan lingkungan kantor pada Kantor Pengadilan Agama Klaten dinilai baik, beliau juga menambahkan bahwa semua temuan hasil pemeriksaan Tim Pemeriksa agar segera ditindaklanjuti serta dihimbau semua aparatur yang ada pada Pengadilan Agama Klaten untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan. 

Ketua Tim menyampaikaan, agar seluruh pekerjaan yang dilakukan selalu berpedoman kepada regulasi yang ada, baik berupa peraturan perundang-undang yang sifatnya organik maupun Perma, Sudar Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Hasil Kamar dan Surat Edaran Dirjen Badilag. Pada akhir acaradilakukan penanda tanganan oleh Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I., Ketua Pengadilan Agama Klaten atas kesanggupandan komitmen untuk menindaklanjuti seluruh temuan dari Tim Pengawas.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Klaten

Jl. K. H. Samanhudi No. 9 Klaten, Jawa Tengah

 

Telp/Fax: (0272) - 321513/(0272) - 321513 ext 12

Website : www.pa-klaten.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it./This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi