banner pa klaten

on . Hits: 272

IMG 4191

Sabtu (19/8/2018) bertepatan dengan HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-73 bertempat di halaman Pengadilan Negeri Klaten diadakan upacara. Pada upacara ini selaku pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Klaten, YM. Albertus Husada, SH., MH. Acara ini diikuti oleh para hakim, pegawai, honorer, serta anggota Dharmayukti Karini dari dua pengadilan (Pengadilan Agama Klaten dan Pengadilan Negeri Klaten).

Dalam sambutannya, pembina upacara membacakan Sambutan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu YM. Prof. DR. Hatta Ali, SH., MH. Selaku Ketua Mahkamah Agung. Tema dari Peringatan HUT Mahkamah Agung ke-73 ini “ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI” yang pada pokoknya inti dari amanat tersebut mengingatkan kepada seluruh warga peradilan bahwa Mahkamah Agung telah memulai pemanfaatan teknologi informasi sejak awal tahun 1980-an dengan aplikasi pengolah kata (word processing) yang terus dikembangkan dengan berbagai varian aplikasi untuk memudahkan administrasi perkara dan administrasi umum. Salah satu terobosan terpenting dalam bidang administrasi perkara dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi adalah implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yang saat ini telah memasuki versi 3.2.0 pada 4 (empat) lingkungan peradilan dibawah Mahkamah Agung yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) Mahkamah Agung dan Direktori Putusan.

Pada pertengahan tahun 2018, tepatnya pada tanggal 4 April 2018, Mahkamah Agung telah melakukan lompatan besar di bidang transformasi teknologi dengan menerbitkan Perma Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Perma tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court dengan tiga fitur utama yaitu pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons). Kebijakan ini juga telah menyediakan payung hukum untuk dimulainya persidangan secara elektronik (e-litigation) dengan memperkenalkan proses jawab jinawab secara elektronik yang bisa terus kita kembangkan dengan kreativitas dan inovasi dengan tetap berpijak pada asas-asas penyelenggaraan peradilan. Apabila implementasi e-court berjalan sesuai rencana maka hal ini akan secara fundamental merubah praktek pelayanan keperkaraan di pengadilan serta akan memberikan dampak yang besar terhadap integritas warga pengadilan dengan menekan interaksi antara pencari keadilan dan aparatur peradilan sehingga menutup celah terjadinya pelanggaran hukum dan etika. Penerapan e-court ini juga akan membawa peradilan Indonesia satu langkah lagi mendekati praktek peradilan di negara-negara maju.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Panitera Pengadilan Agama Klaten, Drs. Aziz Nur Eva. Selesai acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengadilan Negeri diserahkan kepada Ketua Pengadilan Agama. Pemotongan dilanjutkan oleh Ketua Pengadilan Agama Klaten diserahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri dan kemudian dibagikan kepada seluruh peserta upacara yang berjumlah kurang lebih 150 orang. Selesai pemotongan tumpeng acara masih dilanjutkan dengan foto bersama, hakim Pengadilan Agama dan Hakim Pengadilan Negeri dan bergilir sampai seluruh peserta upacara.

Terakhir, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Klaten bertekad untuk sama-sama memekikkan semboyan dan ucapan “KAMI PENGADILAN NEGERI DAN PENGADILAN AGAMA KLATEN MENGUCAPKAN DIRGAHAYU HUT MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA KE-73, BERSAMA KITA BISA !!!” Kemudian dilanjutkan dengan berjabat tangan seluruh peserta upacara dan acara selesai

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Klaten

Jl. K. H. Samanhudi No. 9 Klaten, Jawa Tengah

 

Telp/Fax: (0272) - 321513/(0272) - 321513 ext 12

Website : www.pa-klaten.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it./This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi